India Bidik Komoditi Kunyit Asal Ponorogo Senilai Rp.1,8 MIliar

0
108

SabdaNews.com – Komoditas hasil pertanian dan perkebunan di Jatim kian diminati luar negeri. Salah satu komiditas yang awalnya tidak terlalu bernilai ekonomis tinggi namun karena permintaan yang besar sehingga nilai transaksinya juga cukup fantastis yakni kunyit.

“Saya mendapat kabar dari rekan saya yang bekerja di salah satu kementerian di Jakarta, kalau pemerintah akan mengirimkan 110 ton kunyit asal Ponogoro ke India. Kami apresiasi penuh permintaan tersebut,” kata anggota Komisi B DPRD Jatim Noer Soetjipto saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (12/2/2020).

Menurut politisi asal Partai Gerindra ini, dengan adanya permintaan eksport kunyit tersebut menunjukkan bahwa produk pertanian dan perkebunan Jatim sangat diminati negara mancanegara.

“Produksi pertanian dan perkebunan Jatim itu melimpah ruah. Tentunya kami berharap komoditi lainnya asal Jatim juga diminati negara lain. Harapannya bisa memajukan perdagangan eksport komoditi Jatim dan tentunya pundi-pundi pendapatan bagi para petani juga meningkat,” harap Noer Soetjipto.

Untuk proses pengiriman 110 ton kunyit tersebut, kata Noer Soetjipto, kabarnya akan membutuhkan 5 kontainer. “110 ton kunyit tersebut senilai dengan Rp 1,8 M,” ungkap politisi asal Trenggalek ini.

Ia berharap pemerintah jangan hanya mencarikan pasar bagi produk pertanian dan perkebunan. Namun yang tak kalah penting juga adalah memberikan pendampingan agar produksinya bisa ditingkatkan baik dari sisi kualitas maupun kapasitas sehingga peluang eksport bisa dijaga dengan baik. (tis)

Leave a reply