Indek Kerukunan Umat Beragama Jatim Tempati Peringkat ke 17

0
180

– Gubernur Khofifah Ajak Jaga Kondusifitas

SabdaNews.com – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jatim untuk senantiasa menjaga kerukunan. Pernyataan itu diungkapkan Khofifah menanggapi data survei Indek Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang menyebutkan Provinsi Jatim menempati posisi ke-17 dari 34 provinsi se Indonesia, sehingga lebih rendah dari rata-rata nasional.

“Saya rasa itu yang harus kita komunikasikan kembali, ayo Jatim di jaga, tetap di jaga guyup rukun. Jaga Jatim supaya Jatim tetap guyup rukun,” pinta Khofifah Indar Parawansa di gedung negara Grahadi Surabaya Sabtu (14/12/2019).

Di tegaskan Khofifah, sebagai kepala pemerintahan, dirinya selalu melakukan komunikasi dengan semua elemen masyarakat, agar kerukunan tetap terjaga. Menurut dia, setiap saat dirinya selalu terjun ke masyarakat untuk mengingatkan akan pentingnya menjaga nilai-nilai kerukunan umat beragama.

“Aku gak berhenti kalau komunikasi tidak ini. Kalau komunikasi bukan ini. Ini kan ceremoninya. Tapi kelilingnya kita ini kan unlimited dimana saja nilai keguyuban kerukunan,” dalih mantan Mensos ini.

Sekedar diketahui, merujuk pada survei KUB yang digelar Kemenag, Provinsi Jatim menempati posisi ke-17 dengan skor 73,7. Angka itu lebih rendah dari skor rata-rata nasional yakni 73,83.

Selain Jatim, beberapa provinsi yang nilainya lebih rendah dari nasional adalah Kalimantan Timur di posisi 19 dengan skor 73,6 19, Gorontalo di posisi 20 dengan skor 73,2 20. Kemudian Provinsi D.I Aceh menempati terendah dengan skor 60,2. (pun)

Leave a reply