Jelang Deklarasi, DPW Partai Gelora Daftar ke Bakesbangpol Jatim

0
746

– Sudah terbentuk hampir 70 persen pengurus tingkat kecamatan

SabdaNews.com – Setelah kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur terbentuk, DPW Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Jawa Timur langsung bergerak cepat dengan mendaftarkan diri sebagai partai politik baru ke kantor Bakesbangpol Jatim, pada Rabu (4/12/2019).

Ketua DPW Partai Gelora Jatim, Muhammad Siroj mengatakan bahwa pendaftaran ke Bakebangpol Jatim itu dalam rangka meminta surat keterangan terdaftar sebagai partai politik baru di Provinsi Jatim.

“Besok tanggal 6 Desember adalah deadline bagi DPW dan DPD Partai Gelora di seluruh Indonesia untuk mengumpulkan semua berkas persyaratan. Sebab rencananya tanggal 10 Desember DPP akan mendaftarkan diri ke Kemenkumham,” ujar Muhammad Siroj

Lebih jauh mantan anggota DPRD Jatim asal PKS ini menjelaskan, segala persyaratan Partai Gelora sebagai partai politik baru sudah terpenuhi sesuai ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Bahkan khusus DPW Partai Gelora Jatim, lanjut Siroj sudah memenuhi 100 persen 38 kabupaten/kota. Sedangkan untuk DPD Kabupaten/kota di Jatim rata-rata sudah memenuhi 70 persen kepengurusan di tingkat kecamatan.

“Ada 5 daerah yang kepengurusan tingkat kecamatannya terpenuhi 100 persen, yaitu Kab Jember, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kab Lumajang, Kab Bojonegoro dan Kota Surabaya sudah 80 persen berdasarkan laporan tadi malam,” ungkapnya.

Di tingkat DPW Partai Gelora Jatim, selaku ketua adalah Mohammad Siraj, lalu sekretaris DPW Misbakhul Munir dan bendahara DPW Wulyanto. Selain itu banyak tokoh di Jatim yang bergabung ke Partai Gelora dan masuk ke jajaran pengurus tapi sengaja tidak kami publish terlebih dulu karena khawatir menjadi common enemy.

“Eks kader PKS hanya kisaran 30 persen saja yang masuk menjadi pengurus. Partai Gelora itu berbeda dengan PKS, sebab kami partai terbuka (inklusif) bukan eksklusif seperti mereka. Platfom Partai Gelora adalah Islam- Nasionalis,” tegas politisi yang juga pengasuh Ponpes Darul Fikri Sidoarjo ini.

Di tambahkan, jika tak ada aral melintang, lanjut Mohammad Siroj Partai Gelora Jawa Timur akan dideklarasikan pada Februari atau Maret 2020 mendatang, setelah deklarasi di tingkat nasional. “Doakan mudah-mudahan berjalan lancar,” pinta alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Terpisah, Kepala Bakesbangpol Jatim, Jonathan Judianto membenarkan bahwa DPW Partai Gelora Jatim telah mendaftarkan sebagai partai politik baru di Jatim. “Sebelum kita terbitkan surat keterangan, tentu kami akan periksa dulu berkas persyaratannya apakah sudah memenuhi ketentuan atau tidak,” jelas Jonathan.

Berdasarkan UU No.2 tahun 2008 tentang Partai Politik, partai politik baru minimal memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, memiliki kepengurusan paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.

Kemudian memiliki kepengurusan paling sedikit 50 persen jumlah kecamatan di suatu kabupaten/kota, serta menyertakan paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat pusat dan lain sebagainya. (pun)

Leave a reply