PDI Perjuangan Buka Peluang Koalisi Dengan Parpol Lain di Pilwali Surabaya

0
51

– Jangan persoalkan latarbelakang profesi kandidat cawawali dari birokrat

SabdaNews.com – Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi menyatakan tetap membuka komunikasi dengan parpol-parpol lain di Pilwali Surabaya 2020, walaupun partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih ini secara normatif mampu mengusung pasangan calon sendiri.

“Tapi segala sesuatu itu kita harus bergotong royong, termasuk dalam membangun itu juga perlu bergotong royong, sehingga ada baiknya PDI Perjuangan juga perlu bekerjasama dengan partai lain untuk membangun Kota Surabaya kedepan,” ujar Kusnadi saat dikonfirmasi di kantor DPRD Jatim, Rabu (16/10/2019).

Lebih jauh pria yang juga ketua DPRD Jatim ini mengakui hingga saat ini belum ada parpol-parpol yang mengajak berkomunikasi dengan PDI Perjuangan. Kusnadi berharap kerjasama antar parpol itu jangan dibangun jelang detik-detik akhir tapi justru harus dibangun sejak awal sehingga bangunan kerjasama yang dibangun menjadi kuat.

“Kalau dibangun di detik-detik akhir ya nantinya hanya jadi pengikut sehingga kurang baik. Kita terbuka dengan partai manapun,” dalih mantan dosen Untag Surabaya ini.

Disinggung soal adanya kecenderungan PDI Perjuangan di Pilwali Kota Surabaya cenderung akan memilih tokoh birokrat sebagai cawawali yang akan diusung. Dengan diplomatis Kusnadi menyatakan bahwa calon itu bisa dari internal partai maupun eksternal partai.

“Lha eksternal partai itu khan masyarakat umum yang meiliki latar belakang beragam, seperti birokrat, pengusaha dan lain sebagainya. Kalau terus ngak sreng gandeng birokrat maka itu sama juga akan menafikan masyarakat,” beber Kusnadi.

Menurutnya kalau ada partai X mengusung walikotanya berasal dari birokrat itu apa salah, khan tidak. Bahkan tukang becak, pengusaha atau dosen itu khan hanya profesi dan mereka semua adalah bagian dari masyarakat. “Partai khan biasa mengatasnamakan masyarakat tapi kenapa kok menafikan bagian dari masyarakat, itu khan aneh,” imbuhnya. (tis)

Leave a reply