Hippemarki Peduli Kabut Asap Riau Dengan Pembagian Masker

0
306

– Desak aparat usut pembakar hutan tanpa pandang bulu

RIAU.SabdaNews.com – Bencana kabut asap yang menyelimuti kawasan Riau dan tak kunjung padam hingga berminggu-minggu, membuat beberapa mahasiswa dari rantau kampar kiri terjun langsung ke jalan guna membagikan masker untuk masyarakat.

“Aksi ini bertujuan untuk menanggulangi merebaknya penyakit ISPA karena terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan,” ujar reza ketua Hippemarki, Reza saat dikonfirmasi Kamis (19/9/2019).

Pembagian masker ini, lanjut Reza dilakukan di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar, yakni Kecamatan Kampar Kiri Hulu dan Kecamatan Siak Hulu.” Insya Allah besok, kami akan membagikan masker di Kecamatan Kampar Kiri Hilir karena daerah tersebut juga terdampak cukup parah,” dalih Reza.

Senada, kepala bidang sosial Hippemarki, Aan Satria menambahkan, bahwa kabut asap adalah bencana untuk kita semua. Karena itu pihaknya mengajak masyarakat untuk berdoa meminta pertolongan Allah agar masalah kabut asap ini cepat selesai.

“Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat sudah turun tangan. Bahkan kita sebagai mahasiswa juga ikut andil dalam membantu masyarakat agar tidak menjadi korban dari kebut asap ini dengan cara membagikan masker untuk masyarakat terdampak,” imbuhnya.

Diakui Aan, masalah kabut asap ini sudah menjadi bencana tahunan bagi masyarakat Kalimantan pada umumnya. Alasannya, masalah kabut asap akibat kebakaran hutan ini dianggap hal yang sepele sehingga belum dapat terselesaikan dan berulang setiap tahun.

“Kami meminta para penegak hukum menindak tegas para pelaku pembakar hutan tanpa pandang bulu, termasuk korporasi yang ikut andil di dalamnya. Tolong kembalikan udara kami yang sehat,” pungkas ketua Hippemarki Reza Bayuna. (rz/pun)

Leave a reply