Senin Besok, Pimpinan Definitif DPRD Jatim Akan Ditetapkan

0
69

– Kusnadi akhirnya menjadi ketua DPRD Jatim

SabdaNews.com – Setelah sempat tertunda beberapa hari, DPRD Jatim akhirnya bisa memastikan bahwa rapat paripurna tentang penetapan pimpinan definitif DPRD Jatim masa bhakti 2019-2024 akan digelar Senin (16/9/2019) mendatang.

Kepastian itu didapatkan beradasarkan surat sekretaris DPRD Jatim tentang undangan rapat paripurna DPRD Jatim pada Senin 13 September 2019 pukul 09.00 WIB dengan agenda penetapan pimpinan definitif DPRD Jatim masa jabatan 2019-2024 yang ditandatangani oleh pimpinan sementara DPRD Jatim, Kusnadi.

Ketua sementara DPRD Jatim Kusnadi membenarkan bahwa pimpinan definitif DPRD Jatim sudah bisa ditetapkan pada Senin depan. Pasalnya, surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan tentang pengesahan dan penetapan alon ketua DPRD Jatim sudah turun dan diajukan ke sekretaris DPRD Jatim.

“Jadwal semula memang dilaksanakan Rabu (11/9) lalu tapi karena surat dari PDI Perjuangan Jatim belum ada karena rekomendasi dari DPP belum turun maka ditunda. Hari ini kami sudah menerima rekom dari DPP dan langsung diajukan ke sekretaris DPRD Jatim sehingga Senin (16/9) besok bisa ditetapkan dalam rapat paripurna,” ujar Kusnadi, Jumat (13/9/2019).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPP PDI Perjuangan No 694/IN/DPP/IX/2019 tertanggal 12 September 2019, yang ditandatangani Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dan Sekertaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kader partai PDI Perjuangan yang ditugaskan sebagai ketua DPRD Jatim adalah Kusnadi, SH, MHum. Dalam SK Penunjukan tersebut, DPP PDI Perjuangan menugaskan Kusnadi setelah DPP melihat hasil Psikotes, Fit and Propertes seluruh angota DPRD Jatim, usulan DPD PDI Perjuangan Jatim serta hasil rapat DPP PDI Perjuangan tanggal 3 September 2019.

“Ini amanah dari partai dan kepercayaan rakyat terhadap PDI Perjuangan akan saya jaga dan saya laksanakan dengan sebaik baiknya. Untuk itu, saya selalu mohon dikoreksi bila ada langkah saya yang menyimpang nantinya,” pinta Kusnadi.

Berdasakan aturan perundang-undangan yang ada, penentuam ketua DPRD Propinsi, Kota dan Kabupaten adalah berdasarkan Partai Pemenang pemilu. PDI Perjuangan Jatim dalam Pemilu 2019 kemarin menjadi partai pemenang dengan perolehan kursi terbanyak 27 kursi di DPRD Jatim. Sehingga PDI Perjuangan berhak menempatkan kadernya yang menjadi ketua DPRD Jatim periode 2019-2024.

Sementara itu pihak Sekertariat DPRD Jatim ketika dikonfirmasi juga membenarkan bahwa SK DPP PDI Perjuangan yang menunjuk Kusnadi sebagai Ketua DPRD Jatim sudah diserahkan ke Sekwan. Karena itu DPRD Jatim dapat segera menggelar rapat Paripurna penetapan pimpinan definitif DPRD Jatim periode 2019-2024.

“Dengan masuknya surat PDI Perjuangan, maka sudah lengkap unsur pimpinan DPRD Jatim periode 2019-2024 yang menjadi hak PDI Perjuangan, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Golkar. Senin kita gelar Paripurna penetapan pimpinan definitif DPRD Jatim periode 2019 – 2024,” ujar sumber di lingkungan DPRD Jatim.

Dalam struktur pimpinan DPRD Jatim 2019-2024 berdasarkan surat Partai yang masuk. Ketua DPRD Jatim Kusnadi (PDI Perjuangan) sedangkan Wakil Ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar (PKB), Anwar Sadad (Partai Gerindra), Achmad Iskandar (Partai Demokrat) dan Sahat Tua Simanjuntak (Partai Golkar). (pun)

Leave a reply