Gubernur Khofifah Minta Kepala OPD Yang Mau Maju Pilkada Patuhi SOP Perundang-Undangan

0
47
SabdaNews.com – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada pejabat di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim yang mau maju menjadi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah pada Pilkada serentak 2020 di 19 kabupaten/kota di Jatim supaya mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku.
Pernyataan itu disampaikan orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jatim menanggapi kabar bahwa kepala Dinas ESDM Jatim Setiajit ikut mengambil formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban pada Minggu (8/9/2019) lalu.

“Pokoknya mengikuti proses dan sesuai dengan SOP (Standart Operating Prosedure) aturan perundang-undangan. Ada saatnya khan mereka akan melaporkan sebab yang dilakukan itu baru proses meraih dukungan partai pengusung belum mendaftar resmi ke KPUD,” ujar Gubernur perempuan pertama di Jatim saat dikonfirmasi Selasa (10/9/2019).

Sebelum resmi sebagai kandidat dan mendaftar ke KPUD setempat, kata Khofifah pastinya dia akan memanggil yang bersangkutan supaya nantinya tidak mengganggu posisinya sebagai kepala dinas.
“Kalau sudah resmi mendaftar ke KPUD sebagai kandidat tentu sudah beda lagi. Regulasinya kalau mendaftar salah sau syaratnya memang sudah harus ada surat yang menyatakan mundur. Itu salah satu syarat di KPUD nantinya,” beber mantan Mensos RI ini.

Ia mengakui sudah mendapatkan informasi dan foto saat Pak Setiajit mendaftar ke PDIP Kabupaten Tuban. Bahkan Khofifah juga sudah mencocokkan informasi tersebut dengan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono khususnya menyangkut keseriusannya maju di Pilkada.
“Tapi saya tidak tahu siapa saja pejabat Pemprov yang akan maju Pilkada selain Pak Setiajit ini. Saya rasa wartawan lebih advance,” kelakar Khofifah Indar Parawansa.

Informasi yang berkembang di lingkungan Pemprov Jatim, setidaknya ada tiga orang pejabat eselon II yang akan maju di pilkada serentak 2020. Diantaranya, Setiajit kepala Dinaas ESDM Jatim maju di Pilkada Tuban, Wahid Wahyudi asisten III Setdaprov Jatim maju di Pilkada Lamongan dan Fattah Jasin kepada Dishub Jatim maju di Pilkada Sumenep. (tis)

Leave a reply