Baru 2 Parpol Yang Sudah Ajukan Nama Calon Pimpinan DPRD Jatim

0
227
– Anwar Sadad dari Gerindra dan Achmad Iskandar dari Demokrat

SabdaNews.com – Calon pimpinan DPRD Jatim masa bhakti 2019-2024, nampaknya mulai transparan. Pasalnya; dua dari lima partai yang memiliki kursi terbanyak dan berhak atas jatah pimpinan DPRD Jatim sudah mengirim surat pengajuan ke sekretaris DPRD Jatim.

Dua parpol yang sudah mengajukan surat ke pimpinan sementara DPRD Jatim adalah Partai Demokrat dan Partai Gerindra. Sedangkan tiga partai lainnya yakni PDI Perjuangan, PKB dan Partai Golkar belum menyodorkan nama calon pimpinan definitif DPRD Jatim.

“Saya belum tahu semuanya, tapi dari yang saya dengar baru Partai Gerindra dan Partai Demokrat yang sudah menyodorkan nama calon pimpinan DPRD Jatim ke Sekwan DPRD Jatim,” terang Kusnadi selaku ketua sementara DPRD Jatim saat dikonfirmasi Jumat (6/9/2019).

Pria yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Jatim itu berharap ketiga parpol yang belum menyerahkan nama calon pimpinan bisa secepatnya menyusul sebelum rapat paripurna yang dijadwalkan pada tanggal 11 September 2019. Khusus untuk PDI Perjuangan, kata Kusnadi kemungkinan besar baru dapat menyetorkan nama ke Sekwan pada minggu depan.

“Memang sesuai jadwal awal kita rencanakan paripurna tanggal 11, tapi kalau kelima parpol pemilik kursi terbanyak di DPRD Jatim belum menyetorkan semuanya, ya terpaksa kami undur rapat paripurna penetapan pimpinan definitf DPRD Jatim,” dalih Kusnadi.

Setelah terbentuk pimpinan definitif, lanjut Kusnadi barulah seluruh anggota dapat menggelar rapat paripurna untuk membahas Tata Tertib (Tatib) DPRD Jatim. Diantara materi penting yang dibahas dalam Tatib adalah apakah perlu ada penambahan komisi atau tidak, mengingat jumlah anggota DPRD Jatim saat ini bertambah menjadi 120 orang.

“Sesudah Tatib DPRD Jatim terbentuk, barulah pimpinan definitif memfasilitasi pembentukan alat kelengkapan dewan seperti pemilihan ketua komisi-komisi, Baperda, BK, Banmus maupun Banggar DPRD Jatim,” imbuhnya.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa Partai Demokrat menyodorkan nama Ahmad Iskandar sebagai wakil ketua DPRD Jatim. Sedangkan, posisi Wakil Ketua DPRD Jatim dari Partai Gerindra akan diisi oleh Anwar Sadad.

Sementara, Sekretaris DPD Golkar Jatim Sahat Tua Simanjuntak dikabarkan menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Jatim. Sedangkan, dari PKB, kemungkinan akan diisi oleh mantan ketua komisi C DPRD Jatim, Anik Maslachah.

PDI Perjuangan sebagai partai pemenang, justru masih kabur karena menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Mengingat, ada tiga nama calon pimpinan DPRD Jatim yang diajukan ke DPP, yakni Kusnadi Ketua DPD, Sri Untari Bisowarno dan Reni Pramana yang notabene kakak kandung Pramono Anung. (pun)

Leave a reply