DPD KNPI Jatim Ajak Pemuda Tak Gunakan Kantong Plastik

0
65

SabdaNews.com – Sampah plastik yang ada di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menyebut Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia.

Data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Dari total itu, 3,2 juta ton sampah plastik dibuang ke laut.

Selain itu, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 miliar lembar per tahun atau 85 ribu ton. DPD KNPI Jatim menganggap Indonesia sudah darurat sampah plastik. “Sampah plastik yang ada di Indonesia sudah mengkhawatirkan,” ujar Prayudi, Selasa (13/8/2019).

Lebih jauh Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPD KNPI Jatim ini mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan kantung plastik saat berbelanja. Seminimal mungkin menggunakan kemasan plastik dalam bertransaksi dan kebutuhan lain.

Prayudi berharap masyarakat bisa sadar akan bahaya banyaknya sampah plastik. “Plastik itu zat yang tak mudah diurai, sifatnya awet,” bebernya.

Aktivis kelahiran Pulau Dewata tersebut mengajak semua elemen harus sadar dan menyadarkan masyarakat umum akan bahaya sampah plastik.

Satu lembar sampah plastik bentuk kantung dari satu orang, kata Prayudi, memang seperti tak berpengaruh terhadap lingkungan. Bahkan justru dari yang sedikit itu akhirnya bisa terakumulasi sehingga menjadi banyak.

Prayudi yang juga ketua DPP PRADAH Indonesia Jatim berharap, peran pemuda dalam mengkampanyekan gerakan sadar dan peduli lingkungan harus digaungkan lebih maksimal lagi. “Bayangkan jika jutaan warga berpikir seperti ini, kita tidak akan darurat sampah lagi,” jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh pemuda di Jatim untuk tidak menggunakan kantung plastik saat berbelanja. “Mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum,” kata Prayudi.

Memulai kesadaran dari diri dan keluarga serta kalangan terdekat lebih penting dan harus segera dimulai. “Tujuanya supaya Indonesia terbebas dari ketergantungan akan penggunaan sampah plastik dapat segera terwujud,” pungkasnya. (pun)

Leave a reply