DPRD Jatim Tolak Impor Daging Ayam Asal Brasil

0
24

– Sulit ditolak karena sudah menjadi keputusan WTO

SabdaNews.com – DPRD Jatim dengan tegas menolak rencana pemerintah untuk mendatangkan daging ayam import asal Brasil ke Indonesia. Pasalnya, Jatim merupakan produsen dan penyuplai kebutuhan daging ayam yang cukup besar di Indonesia.

“Kami berharap Pemprov segera melakukan penolakan mengingat kondisi perdagingan ayam di Jatim sangat melimpah. Kalau dipaksakan dapat menghancurkan peternak ayam di Jatim,”ungkap anggota Komisi B DPRD Jatim Noer Soetjipto saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Menurut politisi asal Partai Gerindra, pihaknya berharap kepada pemerintah untuk tidak membuat kebijakan yang tak pro rakyat . ”Jelas sekali jika sampai daging impor ayam masuk ke Indonesia salah satunya di Jatim tentunya akan membuat harga daging ayam tak stabil. Bahkan bisa mahal nanti harganya,” jelas politisi asal Trenggalek ini.

Ia lalu memberi ilustrasi dampak pemerintah seenaknya impor komoditi antara lain cabai. ”Meroketnya harga cabai karena pemerintah mendatangkan cabai kering dari luar negeri sehingga petani cabai kalah bersaing yang berdampak tak mau menanam lagi. Gara-gara tersebut harga cabai merangkak naik dan saat ini masih cukup tinggi. Saya kawatir hal ini juga akan terjadi di daging ayam,” ungkap Noer Soetjipto.

Jika nantinya pemerintah tetap nekat melakukan impor daging ayam, pihaknya berharap Pemprov Jatim menolak impor daging ayam tersebut masuk ke Jatim. “Harus diberi pagar pembatas sebuah kebijakan agar tak beredar di Jatim,” tambah Noer Soetjipto.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan pemerintah mau tidak mau harus melakukan impor daging ayam dari Brazil. Kebijakan ini dilakukan untuk menyelesaikan sengketa dagang dengan Brasil yang diadukan ke Word Trade Organization (WTO).

“Kita tak bisa menyatakan tak bisa dan melarang. Kalau melakukannya jelas melanggar ketetapan WTO dan pasti salah,” kata menteri yang juga politisi partai Nasdem ini.

Sekedar diketahui, negara Brasil menggugat Indonesia di WTO tahun 2014 lalu terkait penolakan impor daging ayam. Dari gugatan tersebut Brasil memenangi gugatan pada tahun 2017. Namun, pemerintah tak kunjung membuka keran impor tersebut, pemerintah Brasil kembali menyeret masalah ini ke WTO Juni lalu. (pun)

Leave a reply