Wisata Gunung Mas Mantup Bekas Galian C, Resmi Di Tutup Satpol PP Lamongan

0
401

LAMONGAN.SabdaNews.com – Wisata Gunung Mas Mantup Desa Tugu kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, di area tambang kapur bekas galian C akhirnya resmi ditutup ijin operasionalnya oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lamongan, Kamis, (8/8/2019).

Kepala bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Lamongan, Safari mengatakan, tindakan penutupan ini dilakukan karena Wisata Gunung Mas Mantup sejauh ini belum mengantongi ijin resmi operasional usaha wisata.

“Sudah melanggar 3 Perda, diantaranya yang pertama Perda tentang lingkungan yaitu Perda No 1 tahun 2014, kedua Perda No 13 tahun 2011 tentang Pariwisata, dan Perda No 1 tahun 2018 tentang Bangunan yang ada di Lamongan,” kata Safari di lokasi wisata.

Pada hari ini tanggal 8 Agustus, lanjut Safari, pihaknya melakukan penutupan sementara untuk Wisata Gunung Mas Mantup. Ketika nanti, dari pihak pengelola bisa menunjukan ijin yang dimiliki, maka akan kembali diijinkan untuk beroperasi kembali.

“Berkaitan dengan reklamasi, jadi nanti ada suatu pembahasan yang ada kaitanya dengan lingkungan, disitu nanti akan ada arahan pembuatan dokumen perijinan,” bebernya.

Untuk tambang bekas galian C apakah akan dilakukan reklamasi, lanjut Safari, mungkin nanti arahnya bisa kesitu, tapi masih menunggu kajian-kajian tersendiri terkait dengan lingkungan pasca pertambangan.

“Saya berharap, pihak pengelola wisata gunung mas Mantup lebih proaktif untuk segera melakukan pengurusan ijin wisata itu biar legal, jadi statusnya biar tidak vakum,” tutur Safari.

Sementara itu, pemilik Wisata Gunung Mas Mantup, Nasrukhan Taufik, terkait dengan penutupan wisatanya yang di lakukan oleh Satpol PP Lamongan, pihaknya tidak memberikan penjelasan apapun kepada awak media.

Perlu diketahui, di area sebelah barat Wisata Gunung Mas Mantup juga ada tambang galian C yang hingga saat ini masih aktif beroperasi, dengan kedalaman yang sangat curam, dan banyak di lewati truk pengangkut material. (adl)

Leave a reply