Jokowi Beri Bocoran Jumlah Kabinet Ada 34

0
51

– Dimungkinkan bertambah jika partai koalisi tambah

SabdaNews.com – Semakin baiknya hubungan Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto nampaknya bakal berdampak langsung terhadap komposisi dan jumlah kabinet pemerintahan Joko Widodo-KH Makruf Amin untuk 5 tahun ke depan.

Bahkan dalam pembukaan Kongres V PDIP di Sanur Bali, Presiden perempuan pertama di Indonesia itu memberikan kode keras supaya Prabowo Subianto jangan jauh-jauh dengan Megawati jika ingin sukses di pemilihan presiden mendatang.

Dugaan merapatnya Partai Gerindra dalam koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-KH Makruf Amin sudah diijinkan PDIP juga terlihat dari sikap ngotot Megawati yang tak mau dikurangi jatah dalam kabinet.

“Kalau hanya dikasih 4 ya saya tidak mau, tidak mau, tidak mau. Pokoknya dapat menteri yang paling terbanyak,” tegas Megawati disambut sorak riuh dari peserta Kongres V PDIP Kamis (8/8/2019).

Sementara itu Presiden Joko Widodo usai acara pembukaan kepada awak media menegaskan bahwa jumlahnya menteri dalam kabinet mendatang ada 34. Namun soal berapa jumlah yang diberikan kepada partai-partai pengusung belum ditentukan.

“Belum, kita ini belum ketemu dengan ketua partai koalisi, kalau ketemu kita akan bicara soal tambahan-tambahan menteri, ” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sementara soal kemungkinan bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi dan kabinet, kata Jokowi mungkin saja terjadi, sebab politik itu semuanya serba kemungkinan. Namun yang jelas keputusannha bukan dalam waktu dekat.

“Kita belum ketemu ketua-ketua partai koalisi jadi tidak dalam waktu dekat ini,” dalih Presiden RI yang terpilih kembali pada Pilpres 2019 lalu.

Yang jelas, bentuk kabinet mendstang seperti apa, semuanya melalui kalkulasi dan kajian-kajian yang disesuaikan dengan kepentingan bangsa dan negara. (tis)

Leave a reply