Bappenas Ajak Unitomo Bahas Pemindahan Ibukota ke Kalimantan

0
60

SabdaNews.com – Langkah pemerintah yang akan memindahkan Ibukota ke Kalimantan menjadi pembahasan ratusan kalangan akademisi yang di gelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo (FEB Unitomo) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Acara kuliah umum untuk membahas perpindahan Ibukota bertemakan “Harapanmu untuk Ibu Kota Baru”, di Auditorium K. H. Moh. Saleh, yang dibuka langsung oleh Rektor, Bachrul Amiq, untuk memdapatkan masukan dari kalangan akdemisi terkait perpindahan tersebut.

“Kita tentu tahu Ibu Kota akan dipindahkan, namun di mana pun ibu kota baru akan dibangun kita berharap Indonesia lebih sejahtera dan mendapatkan efek positif dari pemindahan ibu kota tersebut”, ungkap Rektor Unitomo Surabaya, Bachrul Amiq Senin (29/7/2019).

Menurut doktor bidang hukum ini mengatakan perpindahan Ibukota diharapakan bisa menjadi jalan untuk mengurangi Disparitas wilayah yang ada di negara ini.

“Dengan pindahnya ibukota di Luar Jawa maka diharapkan pembangunan akan merata diseluruh Indonesia dan tidak hanya terpusat di Jawa saja yang terjadi selama ini,” ungkapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata dalam pemaparannya mengatakan ibu kota akan dipindahkan di Kalimantan.

“Pemindahan ibu kota sudah pasti akan di Kalimantan. Ibu kota dipindahkan ke tengah agar Indonesia-sentris, seimbang terhadap seluruh wilayah Indonesia”, ujarnya.

Rudy menambahkan saat ini pemerintah telah mematangkan rencana untuk memindahkan ibu kota di Kalimantan, mengingat Kalimantan memiliki lahan yang luas dan relatif aman bencana.

“Yang perlu kita pahami, pemindahan ibu kota negara akan memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, juga mendorong perdagangan antar wilayah Indonesia”, imbuhnya.

Digelarnya acara ini dikampus menurut J.F.X. Susanto Sukiman, Dekan FEB, agar mahasiswa mengetahui peta perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini termasuk pemimdaham Ibukota Negara.

“Mahasiswa yang basisnya kaum millenial ini jangan sampai kudet dalam pengetahuannya akan isu pemerataan ekonomi melalui perpindahan ibu kota yang akan terjadi di Indonesia. Jangan ngaku millenial update, kalau isu seperti ini saja gak paham,” pungkasnya. (pun)

Leave a reply